Island hopping di Indonesia – Whats New Indonesia

Island hopping di Indonesia - Whats New Indonesia


m88
 -Keragaman yang mempesona di Indonesia – menurut Kementerian Koordinator Bidang Kelautan Indonesia – memiliki 17.508 pulau, yang dibagi menjadi 34 provinsi. Ada lebih dari 300 kelompok etnis di Indonesia, dengan klasifikasi yang tidak kaku dan dalam beberapa kasus menyatu dengan pengaruh migrasi, budaya dan bahasa. Sudahkah angkanya mengesankan Anda? Baca terus.

Buku Elizabeth Pisani Indonesia, Etc.: Exploring the Improbable Nation, menceritakan tentang studinya menjelajahi negara yang dihuni oleh orang-orang dari kelompok etnis yang berbeda, yang di antara mereka berbicara 719 bahasa! Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional, yang mengikat negara bersama: “Unity in Diversity”.

Tapi itu belum semuanya. Dengan populasi yang luas ini datang campuran budaya, bahasa, agama, tradisi dan sejarah. Dan tentu saja keindahan alam yang memukau.

Dengan begitu banyak untuk dipilih, kami telah menguranginya menjadi 30+ favorit kami.

 

1. Komodo

Pulau Komodo adalah bagian dari Taman Nasional Komodo dengan luas permukaan mencapai 390 kilometer persegi. Ini juga rumah bagi sekitar 2.500 Komodo Dragons, kadal terbesar di dunia. Pulau ini dikelilingi oleh beberapa perairan paling ganas di Indonesia, penuh dengan riptides dan pusaran air. Namun, sebagai rumah bagi salah satu lingkungan laut terkaya di dunia, penyelam, ilmuwan, dan fotografer dari seluruh dunia datang ke taman nasional ini untuk mengalami keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Daya tarik utama pulau ini adalah melihat Komodo. Tapi, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain di sini, seperti mendaki Gunung Ara (538m) untuk mengabaikan pemandangan luas dan indah dari atas. Atau, menjelajahi Kampung Komodo, desa Muslim Bugis yang ramah.

Baca kami Panduan untuk Tur Liveaboard di Taman Nasional Komodo

2. Karimunjawa

Foto: Panduan Planet

Terletak di utara ibu kota Semarang, Karimunjawa adalah salah satu permata tersembunyi di Indonesia. Ada banyak hal yang ditawarkan di pulau ini. Pantai dan lautnya yang masih asli adalah rumah bagi terumbu karang yang tersebar di area seluas 80 km di mana Anda dapat menemukan beberapa spesies biota yang dilindungi. Tempat ini juga terkenal dengan pemandangan panorama yang indah dan dilestarikan. Nikmati pantai pasir putih memesona yang tersebar di beberapa titik dan budaya unik masyarakat setempat. Karimunjawa memiliki koleksi besar flora dan fauna laut, mulai dari ikan tropis hingga burung yang dapat Anda lihat terbang di atas kepulauan.

Baca kami Panduan ke Semarang: Kota dengan Kerukunan Multikultural

3. Lombok

Terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Lombok adalah sebuah pulau dengan luas total sekitar 1.743 mil persegi. Itu juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang disebut Gili. Ibu kota provinsi adalah Mataram yang juga mengambil daerah terbesar di pulau itu. Sebagai pulau tetangga dengan Bali, Lombok juga memiliki ukuran dan kepadatan yang sama, serta beberapa warisan budaya. Dengan pantai-pantai ilahi, Mt. Rinjani dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, Lombok tidak memiliki kekurangan objek wisata baik di dalam maupun di luar air. Tidak heran Lombok telah menjadi salah satu tujuan paling populer di Nusa Tenggara Barat.

Baca kami 5 HAL TOP YANG HARUS DILAKUKAN DI LOMBOK

4. Gili

Itu Kepulauan Gili adalah negara kepulauan dari tiga pulau kecil atau pulau kembar tiga – Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air – tak jauh dari pantai barat laut Lombok, Indonesia. Setiap pulau memiliki beberapa resor kecil, biasanya terdiri dari kumpulan gubuk bagi wisatawan, kolam kecil dan restoran. Sebagian besar penduduk lokal tinggal di Trawangan di sebuah kota yang membentang di sepanjang sisi timurnya hanya di pedalaman (yang juga merupakan tempat perkembangan terakhir terjadi). Mobil dan lalu lintas bermotor dilarang di pulau-pulau dengan peraturan setempat, sehingga metode transportasi yang disukai adalah dengan berjalan kaki dan sepeda atau kereta kuda yang disebut cidomo. Menyelam scuba dan menyelam gratis di dalam dan sekitar Gili juga populer karena banyaknya kehidupan laut dan formasi karang yang menarik. Sebagian besar tempat menyelam terkenal adalah Shark point, Manta point, dan Simon’s reef.

Baca kami ROAMING PENDEK ESCAPADE DI SELURUH GILI AIR

5. Belitung

Panduan menuju BelitungFoto: Datang ke Belitung

Belitung mungkin terlihat sedikit tidur dibandingkan dengan tetangganya, pulau Bangka. Tapi, pulau mungil yang terletak di Sumatra timur ini seharusnya masuk dalam daftar liburan akhir pekan Anda. Alasannya tak lain adalah keindahan alam yang dimiliki Belitung. Serta bagaimana pulau itu akan membawa kedamaian dan ketenangan untuk liburan Anda. Pantai-pantai pulau utamanya, termasuk Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang, dikenal dengan batu-batu granit bulat, pasir halus, dan perairan yang tenang. Kota terbesar di pulau itu, Tanjung Pandan, menampilkan arsitektur kolonial Belanda dan pelabuhan yang berwarna-warni. Pulau Lengkuas, salah satu dari banyak pulau kecil lepas pantai, memiliki mercusuar abad ke-19 dan snorkeling di antara terumbu karang.

Baca kami PANDUAN UNTUK BELITUNG: A TADY PARADISE INDONESIA

6. Padar

Foto: Trover

Padar adalah pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo dan menarik banyak orang karena pasir berwarna teluknya & # 39; pantai. Yang satu putih mutiara, yang lain hitam arang, dan yang ketiga adalah baby pink yang sangat langka. Padar juga merupakan lanskap yang tertutup sabana dan memikat yang dikelilingi oleh pegunungan hijau cerah. Serta dikelilingi oleh teluk pirus. Padar adalah rumah bagi beragam satwa liar yang luar biasa, terutama untuk ukurannya. Ada enam spesies hiu, dan dua pari manta, dan banyak reptil berbeda.

7. Bintan

Panduan menuju Pulau BintanKlub Golf Ria Bintan

Terletak hanya naik feri dari Singapura atau Johor Bahru di Malaysia, serta Pulau Batam yang berdekatan, Bintan adalah pulau terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini menawarkan liburan yang sempurna dengan resor kelas atas, lapangan golf kelas dunia, dan suasana pantai yang menyegarkan. Dalam beberapa tahun terakhir, Bintan juga telah menjadi destinasi Olahraga-Pariwisata kelas dunia yang menarik ribuan orang di seluruh dunia untuk bersaing dalam maraton, triathlon, olahraga ekstrem, dan tantangan golf. The Bintan Resorts telah menjadi rumah bagi Triathlon tahunan yang terkenal di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa objek wisata di Bintan yang mungkin menarik minat Anda. Termasuk, Bintan Lagoon Resort, Pulau Penyengat, Pantai Trikora, dan Desa Senggarang dan Sebung.

Baca PETUNJUK KAMI KE PULAU BINTAN: PERBUATAN PRECIOUS INDONESIA

8. Labuan Bajo

Labuan Bajo dulunya desa nelayan kecil, tetapi sekarang telah menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Indonesia. Pulau ini merupakan pintu gerbang untuk perjalanan melintasi pulau-pulau terdekat, seperti Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Selain sebagai persinggahan, pulau ini memiliki banyak hal menarik untuk dijelajahi, termasuk beberapa air terjun, fasilitas trekking, dan banyak pantai yang beragam. Labuan Bajo juga dikenal sebagai pulau matahari terbenam di mana Anda dapat menemukan banyak tempat menguntungkan untuk menikmati langit yang spektakuler setiap hari.

Sementara itu, Anda juga dapat menjelajahi The Mirror Cave, sebuah situs yang ditemukan pada tahun 1951 oleh Belanda yang menyimpulkan bahwa pulau ini dulunya terletak di bawah air. Ada tiga mayoritas kelompok etnis, yaitu Manggarai, Bima, dan Bugis. Anda dapat bertemu dengan beberapa penduduk setempat di desa mereka yang indah di Labuan Bajo. Desa Melo, di Manggarai Barat, dikenal sebagai salah satu desa wisata yang akan dikunjungi wisatawan. Upacara dan tarian tradisional yang ramah akan menyambut Anda dengan hangat setelah kunjungan Anda.

9. Bali

Juga dikenal sebagai Tanah Para Dewa, Bali menarik melalui keindahan alamnya yang indah dari gunung berapi yang menjulang dan sawah bertingkat subur yang memancarkan kedamaian dan ketenangan. Ia juga terkenal untuk peselancar & # 39; firdaus! Bali mempesona dengan tarian dramatis dan upacara warna-warni, seni, dan kerajinannya, hingga resor pantai yang mewah dan kehidupan malam yang menarik. Dan di mana-mana, Anda akan menemukan kuil berukir yang rumit.

Kunjungi kami Bali halaman untuk mendapatkan panduan lengkap tentang segala sesuatu di Bali.

10. Mentawai

Foto: National Geographic

Kepulauan Mentawai adalah rantai sekitar tujuh puluh pulau dan pulau sekitar 150 kilometer (93 mil) di lepas pantai barat Sumatera di Indonesia. Ikuti perjalanan ke alam liar dengan berpetualang ke pulau-pulau Mentawai. Dikelilingi oleh hutan hujan tropis dan benamkan diri Anda dalam tradisi masyarakat setempat. Meskipun jarak fisik antara daratan dan Mentawai tidak besar, ini tetap menjadi salah satu tempat paling terpencil di Indonesia dan hanya dipengaruhi oleh luar pada awal abad ke-20. Jauh dari dunia pusat perbelanjaan dan taman hiburan, di sinilah para pelancong datang untuk benar-benar keluar dari jalur petualangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *