"Flower Power" Tomohon – Whats New Indonesia

"Flower Power" Tomohon - Whats New Indonesia

Dengan Gunung Mahawu di satu sisi dan Gunung Lokon di sisi lain, kota Tomohon terkenal dengan iklimnya yang sejuk. Tahun ini, dengan Festival Bunga Internasional Tomohon 2019, kota ini terasa lebih memikat, penuh warna, dan wangi mulai 7-12 Agustus 2019.

Dilantik oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bpk. Arief Yahya, Festival Bunga Internasional Tomohon (TIFF) dikatakan membaik karena didukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Termasuk dalam 100 Kalender Acara di Kementerian Pariwisata, 2019 Festival Bunga Internasional Tomohon ditandai dengan memecahkan rekor MURI untuk Tari zani, dalam kategori "Tarian dengan jumlah penari terbanyak", yaitu 1.530 penari .
TIFF tahun ini juga dibuat spesial dengan peresmian varietas bunga baru bernama Iriana Tomohon, dinamai sesuai nama ibu negara Republik Indonesia, Ny. Iriana Joko Widodo.

Sejumlah negara ikut serta dalam acara tersebut karena dihadiri oleh para duta besar dari negara-negara peserta. Ukraina, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Nepal selain dari peserta dari beberapa daerah lain di Indonesia seperti Manokwari Papua. Ini menunjukkan bahwa TIFF adalah acara yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh tidak hanya orang-orang dari daerah lain di pulau itu tetapi juga negara lain.

Setelah peresmian bunga "Iriana Tomohon", acara kemudian dilanjutkan dengan pementasan Tari Kabasaran, sebuah tarian perang ikonik dari Suku Minahasa, sebelum pertunjukan Tari Zani yang memecahkan rekor.

Puncak Festival Bunga Internasional Tomohon 2019 adalah parade kendaraan hias dari Tomohon sebagai tuan rumah. Perayaan kemudian dilanjutkan dengan kendaraan dekoratif dari banyak institusi di Sulawesi Utara dan Manokwari yang semuanya dipandu oleh marching band yang optimis yang juga berparade di sepanjang jalan utama kota Tomohon.

Diharapkan memiliki dampak positif pada sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, TIFF telah menunjukkan pertumbuhan di mana jumlah wisatawan pada 2015-2018 terus tumbuh sebesar 517 persen. Tidak berhenti sampai di situ, TIFF juga berdampak pada penjualan petani bunga di Tomohon!

Festival Bunga Internasional Tomohon 2019 tentu saja memperkuat kota ini sebagai Kota Bunga dan mendapatkan tempatnya untuk menghasilkan bunga setiap tahun.

Ditulis oleh: Dody Wiraseto
Diterjemahkan oleh: Tressabel Beatrik Hutasoit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *